Thursday, November 30, 2006

Menang tan ngasorakake

Memecahkan masalah, mengambil koin di dasar kolam, tanpa membuat keruh air dan kalau bisa tanpa membuat air bergejolak. Ini latihan sulit. Ini cara jowo sekali. Kalau menuruti emosi, mungkin saya sudah kesal karena tidak dituruti orang yang sudah diberi wewenang untuk melaksanakannya. Karena kondisi salah satu usaha saya juga lagi baru bisa bernafas, setelah sempat ramai pada bulan ramadhan lalu, saya pun harus hati hati sekali menempatkan porsi masalah kali ini.

Sebenarnya masalahnya sepele, namun karena hal kecil ini potensi jadi besar, saya harus menunggu moment tepat untuk menyelesaikannya.

Bagaimanapun saya ingat kata kata orang bijak. Orang akan berjiwa besar kalau melihat masalah besar menjadi kecil. Dan orang akan menjadi berjiwa kecil kalau seringkali membesarkan masalah-masalah kecil. Memang sangat relative, kembali ke porsi dan potensi masalah itu tadi.

Ya, saya mungkin akan memakai cara jowo lagi. Menang tan ngasorakake.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home